Oleh: jamaliatul badriyah
Tugas mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah II
SOAL TES
1. T1 adalah transformasi pencerminan terhadap garis y=-x. T2 adalah transformasi perputaran setengah putaran terhadap titik asal. Tentukan bayangan titik P(3, -5) yang ditransformasikan terhadap T1 dan dilanjutkan terhadap T2.
RUBRIK PENILAIAN TES
Aspek yang Dinilai | Kriteria | Skor |
Pemahaman masalah | - Mampu mamahami masalah secara utuh (mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dengan tepat)
| 10 |
- Hanya memahami sebagian permasalahan (mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan tapi belum tepat)
| 7 |
- Tidak mamahami permasalahan (tidak mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dengan tepat atau mampu menuliskan, tetapi tidak tepat)
| 4 |
- Tidak menuliskan apapun atau menulis tetapi tidak berhubungan dengan soal
| 0 |
Perencanaan | - Perencanaan penyelesaian masalah mengarah pada solusi yang benar (mampu mengubah soal kedalam bentuk matematika dan menggunakan rumus yang tepat)
| 10 |
- Perencanaan penyelesaian masalah kurang mengarah pada solusi yang benar (mampu mengubah soal kedalam bentuk matematika tetapi tidak menggunakan rumus yang tepat)
| 7 |
- Perencanaan penyelesaian masalah tidak mengarah pada solusi yang benar (tidak mampu mengubah soal kedalam bentuk matematika dan tidak menggunakan rumus yang tepat)
| 4 |
- Tidak menuliskan apapun atau menulis tetapi tidak berhubungan dengan soal
| 0 |
Memperoleh solusi | - Mampu menyelesaikan soal dengan benar dan menulis kesimpulan dengan tepat
| 10 |
- Mampu menyelesaikan soal dengan benar tetapi tidak dapat menulis kesimpulan dengan tepat
| 7 |
- Tidak mampu menyelesaikan soal dengan benar dan tidak dapat menulis kesimpulan dengan tepat
| 4 |
- Tidak menuliskan apapun atau menulis tetapi tidak berhubungan dengan soal
| 0 |
LAPORAN PENILAIAN TES
Nama Siswa :
Kelas :
Aspek yang Dinilai | Bobot | Nomer Soal |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
N | N×B | N | N×B | N | N×B | N | N×B | N | N×B |
- Pemahaman masalah
| 20 | | | | | | | | | | |
- Perencanaan
| 40 | | | | | | | | | | |
- Memperoleh Solusi
| 40 | | | | | | | | | | |
Total | 100 | | | | | | | | | | |
Nilai Akhir (NA) | |
Keterangan | |
Nilai Akhir =
Keterangan:
N= Skor tiap aspek
N×B = Skor × Bobot
S1 = Soal no. 1
S2 = Soal no. 2
S3 = Soal no. 3
S4 = Soal no. 4
S5 = Soal no. 5
100 ≤ NA< 85 = Istimewa
85 ≤ NA < 70 = Sangat Baik
70 ≤ NA < 60 = Baik
60 ≤ NA < 50 = Cukup
NA ≤ 50 = Kurang
Malang, ………..……………………
Penilai
SOAL NON TES (Unjuk Kerja)
Tentukan aturan refleksi suatu titik jika diserminkan terhadap sumbu- x dan sumbu- y! Diskusikan dengan kelompokmu!
RUBRIK PENILAIAN NON TES
Aspek | Skor | Kriteria Penilaian |
Memberi dorongan kepada teman | 10 | - Mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, memberi pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.
|
6 | - Mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, dan tidak memberi pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.
|
3 | - Tidak mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, dan tidak memberi pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.
|
0 | - Memberikan komentar yang tidak baik kepada teman.
|
Keaktifan dalam menyelesaikan tugas | 10 | - Berperan serta menyelesaikan seluruh tugas.
|
6 | - Berperan serta menyelesaikan lrbih dari setengah tugas
|
3 | - Berperan serta menyelesaikan kurang dari setengah tugas
|
0 | - Tidak berperan serta menyelesakan tugas.
|
Keaktifan dalam menyampaikan pendapat | 10 | - Memberikan pendapat pada setiap pertanyaan dengan alasan yang tepat.
|
6 | - Memberikan pendapat sebagian besar dari seluruh pertanyaan dengan alasan yang tepat.
|
3 | - Memberikan pendapat sebagian kecil dari seluruh pertanyaan dengan alasan yang tepat.
|
0 | - Tidak memberikan pendapat dari setiap pertanyaan.
|
Menghargai pendapat sesama anggota kelompok | 10 | - Sangat menghargai pendapat anggota kelompok. Selalu mempertimbangkan usulan pendapat yang disampaikan oleh teman dalam kelompok, tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa pendapatnyalah yang paling benar.
|
6 | - Menghargai pendapat anggota kelompok. Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa pendapatanyalah yang paling benar.
|
3 | - Kurang menghargai pendapat anggota kelompok. Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa pendapatanyalah yang paling benar.
|
0 | - Tidak menghargai pendapat anggota kelompok. Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, memiliki pendirian bahwa pendapatanyalah yang paling benar.
|
Ketepatan dan kejelasan dalam penyampaian pendapat | 10 | - Pendapat disampaikan dengan tepat dan jelas (bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tidak bertele-tele)
|
6 | - Pendapat disampaikan dengan tepat tetapi tidak jelas (bahasa yang digunakan tidak tepat atau tidak jelas)
|
3 | - Pendapat yang disampaikan kurang tepat
|
0 | - Pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan permasalahan atau tidak menyampaikan pendapat
|
Kerjasama | 10 | - Sangat baik (mau bekerjasama dengan kelompok, tidak mendominasi kerja, mau membantu teman satu kelompok)
|
6 | - Baik (Memenuhi 2 dari 3 kriteria diatas)
|
3 | - Cukup (Memenuhi 1 dari 3 kriteria diatas)
|
0 | - Kurang (Tidak mau bekerjasama, mendominasi kerja, tidak mau membantu teman satu kelompok)
|
LAPORAN PENILAIAN NON TES
Nama Siswa :
Kelas :
Kelompok :
Aspek yang dinilai | Bobot | Skor | Skor Bobot |
- Memberi dorongan kepada teman
| 10 | | |
- Keaktifan dalam menyelesaikan tugas
| 30 | | |
- Keaktifan dalam menyampaikan pendapat
| 30 | | |
- Menghargai pendapat sesama anggota kelompok
| 10 | | |
- Ketepatan dan kejelasan dalam penyampaian pendapat
| 10 | | |
- Kerjasama
| 10 | | |
Total | 100 | | |
Nilai (N) | |
Keterangan | |
Nilai =
Keterangan:
100 ≤ N< 85 = Istimewa
85 ≤ N < 70 = Sangat Baik
70 ≤ N < 60 = Baik
60 ≤ N < 50 = Cukup
NA≤ 50 = Kurang
Malang,………………………
Penilai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar