Sabtu, 27 Maret 2010

Oleh: jamaliatul badriyah

Tugas mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah II

SOAL TES


 

1.    T1 adalah transformasi pencerminan terhadap garis y=-x. T2 adalah transformasi perputaran setengah putaran terhadap titik asal. Tentukan bayangan titik P(3, -5) yang ditransformasikan terhadap T1 dan dilanjutkan terhadap T2.


 

RUBRIK PENILAIAN TES

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Skor

Pemahaman masalah

  • Mampu mamahami masalah secara utuh (mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dengan tepat)

10

  • Hanya memahami sebagian permasalahan (mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan tapi belum tepat)

7

  • Tidak mamahami permasalahan (tidak mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dengan tepat atau mampu menuliskan, tetapi tidak tepat)

4

  • Tidak menuliskan apapun atau menulis tetapi tidak berhubungan dengan soal

0

Perencanaan

  • Perencanaan penyelesaian masalah mengarah pada solusi yang benar (mampu mengubah soal kedalam bentuk matematika dan menggunakan rumus yang tepat)

10

  • Perencanaan penyelesaian masalah kurang mengarah pada solusi yang benar (mampu mengubah soal kedalam bentuk matematika tetapi tidak menggunakan rumus yang tepat)

7

  • Perencanaan penyelesaian masalah tidak mengarah pada solusi yang benar (tidak mampu mengubah soal kedalam bentuk matematika dan tidak menggunakan rumus yang tepat)

4

  • Tidak menuliskan apapun atau menulis tetapi tidak berhubungan dengan soal

0

Memperoleh solusi

  • Mampu menyelesaikan soal dengan benar dan menulis kesimpulan dengan tepat

10

  • Mampu menyelesaikan soal dengan benar tetapi tidak dapat menulis kesimpulan dengan tepat

7

  • Tidak mampu menyelesaikan soal dengan benar dan tidak dapat menulis kesimpulan dengan tepat

4

  • Tidak menuliskan apapun atau menulis tetapi tidak berhubungan dengan soal

0


 


 


 

LAPORAN PENILAIAN TES

Nama Siswa    :                    

Kelas        :                    


 

Aspek yang Dinilai

Bobot

Nomer Soal

1

2

3

4

5

N

N×B

N

N×B

N

N×B

N

N×B

N

N×B

  1. Pemahaman masalah

20

          
  1. Perencanaan

40

          
  1. Memperoleh Solusi

40

          

Total

100

          

Nilai Akhir (NA)

 

Keterangan

 


 

Nilai Akhir =

Keterangan:

N= Skor tiap aspek

N×B = Skor × Bobot

S1 = Soal no. 1

S2 = Soal no. 2

S3 = Soal no. 3

S4 = Soal no. 4

S5 = Soal no. 5


 

100 ≤ NA< 85 = Istimewa

85 ≤ NA < 70     = Sangat Baik

70 ≤ NA < 60     = Baik

60 ≤ NA < 50     = Cukup

NA ≤ 50    = Kurang


 

Malang, ………..……………………

Penilai                    


 


 


 


 

                    


 


 


 


 

SOAL NON TES (Unjuk Kerja)

Tentukan aturan refleksi suatu titik jika diserminkan terhadap sumbu- x dan sumbu- y! Diskusikan dengan kelompokmu!


 

RUBRIK PENILAIAN NON TES


 

Aspek

Skor

Kriteria Penilaian

Memberi dorongan kepada teman

10

  • Mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, memberi pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.

6

  • Mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, dan tidak memberi pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.

3

  • Tidak mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, dan tidak memberi pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.

0

  • Memberikan komentar yang tidak baik kepada teman.

Keaktifan dalam menyelesaikan tugas

10

  • Berperan serta menyelesaikan seluruh tugas.

6

  • Berperan serta menyelesaikan lrbih dari setengah tugas

3

  • Berperan serta menyelesaikan kurang dari setengah tugas

0

  • Tidak berperan serta menyelesakan tugas.

Keaktifan dalam menyampaikan pendapat

10

  • Memberikan pendapat pada setiap pertanyaan dengan alasan yang tepat.

6

  • Memberikan pendapat sebagian besar dari seluruh pertanyaan dengan alasan yang tepat.

3

  • Memberikan pendapat sebagian kecil dari seluruh pertanyaan dengan alasan yang tepat.

0

  • Tidak memberikan pendapat dari setiap pertanyaan.

Menghargai pendapat sesama anggota kelompok

10

  • Sangat menghargai pendapat anggota kelompok. Selalu mempertimbangkan usulan pendapat yang disampaikan oleh teman dalam kelompok, tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa pendapatnyalah yang paling benar.

6

  • Menghargai pendapat anggota kelompok. Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa pendapatanyalah yang paling benar.

3

  • Kurang menghargai pendapat anggota kelompok. Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa pendapatanyalah yang paling benar.

0

  • Tidak menghargai pendapat anggota kelompok. Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, memiliki pendirian bahwa pendapatanyalah yang paling benar.

Ketepatan dan kejelasan dalam penyampaian pendapat

10

  • Pendapat disampaikan dengan tepat dan jelas (bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tidak bertele-tele)

6

  • Pendapat disampaikan dengan tepat tetapi tidak jelas (bahasa yang digunakan tidak tepat atau tidak jelas)

3

  • Pendapat yang disampaikan kurang tepat

0

  • Pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan permasalahan atau tidak menyampaikan pendapat

Kerjasama

10

  • Sangat baik (mau bekerjasama dengan kelompok, tidak mendominasi kerja, mau membantu teman satu kelompok)

6

  • Baik (Memenuhi 2 dari 3 kriteria diatas)

3

  • Cukup (Memenuhi 1 dari 3 kriteria diatas)

0

  • Kurang (Tidak mau bekerjasama, mendominasi kerja, tidak mau membantu teman satu kelompok)


 


 


 

LAPORAN PENILAIAN NON TES

Nama Siswa    :                    

Kelas        :                    

Kelompok    :                    

Aspek yang dinilai

Bobot

Skor

Skor Bobot

  1. Memberi dorongan kepada teman

10

  
  1. Keaktifan dalam menyelesaikan tugas

30

  
  1. Keaktifan dalam menyampaikan pendapat

30

 

 

  1. Menghargai pendapat sesama anggota kelompok

10

  
  1. Ketepatan dan kejelasan dalam penyampaian pendapat

10

  
  1. Kerjasama

10

  

Total

100

  

Nilai (N)

 

Keterangan

 


 

Nilai =


 

Keterangan:

100 ≤ N< 85     = Istimewa

85 ≤ N < 70     = Sangat Baik

70 ≤ N < 60     = Baik

60 ≤ N < 50     = Cukup

NA≤ 50    = Kurang


Malang,………………………

            Penilai                


 


 


 

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar